<--- click and drag this button to your home and get whatever you find.

Thursday, January 13, 2011

Home » » Tips Install Ulang Notebook

Tips Install Ulang Notebook

Install ulang adalah hal yang lumrah bagi pengguna komputer. Ada banyak alasan orang untuk install ulang komputernya. Ingin mencoba OS(Operating System) baru, merasa sistemnya sudah lola jadi butuh di fresh install, ada juga yang terkena virus sehingga terpaksa install ulang dan sebagainya.

Tapi, untuk melakukan proses install ulang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulainya.
  1. CD/DVD Operating System yang akan dipasang ke komputer. Barang yang satu ini adalah komponen yang paling utama saat menginstall ulang. Tanpa ini, install ulang tidak terjadi. Banyak pilihan Operating System saat ini. Mulai dari Windows, Linux, Mac. Tapi kebanyakan orang memilih Windows untuk mengelola sumberdaya komputernya. Begitu juga dengan saya. Saat ini, saya pun menggunakan OS Windows 7 dari Microsoft Corporation.
  2. CD/DVD Driver Notebook/Netbook/Pc. CD/DVD umumnya sudah disertakan pada saat membeli komputer. Barang yang satu ini juga memegang peranan penting dalam proses penginstallan. CD/DVD driver berfungsi sebagai perantara antara Operating System dengan Hardware(perangkat keras) yang bersangkutan. Singkatnya, driver berguna agar Operating System mengenali perangkat keras yang sudah terpasang di motherboard(papan induk) dari komputer tersebut. Tapi, jika tidak disertakan dalam pembelian atau drivernya tidak cocok (compatible) dengan versi OS-nya, silakan download drivernya di Support Driver komputer masing-masing. Jadi, simpan baik-baik CD/DVD kalau tidak mau ambil pusing ketika install ulang.
  3. CD/DVD Driver Hardware eksternal. Hardware eksternal contohnya Printer, Bluetooth, Modem, dan semua perangkat yang dihubungkan melalui port USB, ada juga yang melalui port serial dan pararel. Tidak semua Operating System memiliki paket driver yang lengkap. Jadi, simpan di tempat yang aman driver tersebut demi kebaikan anda.
  4. Software dan Utility. Setelah semuanya lengkap kita butuh yang namanya software aplikasi dan utiliti. Apa jadinya sebuah Operating System tanpa aplikasi dan utiliti. Hal itu sama saja dengan tanah yang luas tapi tidak ada tanaman yang menghasilkan di dalamnya. Apa saja software yang kita butuhkan?
  • Pengolah kata, untuk kategori ini saya menyarankan anda untuk menggunakan Microsoft Office 2010 untuk menangani dokumen anda. Jika belum punya, klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Pengolah Foto. Percayakan ACDSee Pro untuk menangani semua gambar yang ada di komputer anda. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Pengolah PDF, untuk kategori ini, saya menyarankan anda untuk menggunakan Adobe Acrobat 9 Pro untuk menjadikan dokumen anda menjadi PDF atau mengekstrak elemen-elemen dari PDF tersebut ke format lain. Jika belum punya, klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Pengedit PDF, untuk keperluan ekspress, terkadang kita diharuskan bekerja cepat. Gunakan Foxit PDF Editor untuk mengeditkan PDF anda. Jika belum punya, klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Peralatan Kompresi. Terkadang kita harus mempaketkan data dalam suatu paket. Gunakan Winrar atau Winzip untuk Mengkompresi data anda. Klik di sini untuk mendapatkan Winrar dan di sini untuk mendapatkan Winzip.
  • Perangkat Utiliti Komputer, kurang puas dengan performa komputer sekarang, ayo tunning komputermu dengan TuneUp Utilities 2011. Klik disini untuk mendapatkannya.
  • Pemutar Musik. Dengar mp3 kesukaanmu dengan media player terkenal Winamp Pro 5.6. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Utility Sound. Tunning sound cardmu agar lebih powerful. Dapatkan Bass yang mengelegar yang membuat anda betah berlama-lama mendengarkan musik dari komputer anda. Gunakan SRS HD Audio Lab untuk mentunning Sound Card anda. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Pengunci Data. Butuh keamanan? Tidak perlu Bodyguard. Pakai saja Folder Lock 6.24 untuk melindungi data anda dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Pemutar Video. Putar DVD favoritemu dengan menggunakan Power DVD 10. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Aplikasi Lirik. Kini, kamu bisa menyanyikan lagu favoritemu tanpa ada satu lirikpun yang salah. Gunakan Mini Lyrics 7 untuk karokean. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Webcam tool. Bosan dengan webcam tool bawaan yang menyajikan fitur biasa. Gunakan Webcam Max untuk berfoto ria bersama teman-teman. Dijamin tambah asik. Klik di sini untuk mendapatkannya.
  • Anti Virus. Ini dia, software yang tidak kalah pentingnya. Tanpa ini kita tidak bisa memindahkan data dengan nyaman. Gunakan Kaspersky Internet Security 2011 untuk proteksi 100% aman bagi data-data anda. Klik di sini untuk mendapatkannya.
Sampai di sini, komputer anda sudah cukup sempurna untuk sebuah komputer multimedia. Selamat mencoba.

0 komentar:

Silakan berkomentar di bawah ini, mohon jangan membuat spam di blog ini. Jika ingin menggunakan smiley ini, ketikkan simbol yang ada di samping nya. Copyright © dl2yourpcnow 2011
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment